Bahaya Dan Manfaat Asuransi Pensiun Di Indonesia

Di Indonesia, sistem pensiun umumnya didasarkan pada iuran yang diberikan oleh pemberi kerja dan dibayarkan kepada karyawan sebagai anuitas mereka. Namun, di beberapa provinsi atau daerah, sistem ini mungkin tidak konsisten. Biasanya pembayaran tergantung pada kebutuhan keuangan para pensiunan. Sistem pada dasarnya merupakan kompromi antara dua prinsip ini. Beberapa ahli percaya bahwa sistem harus memiliki beberapa fitur yang umum untuk sebagian besar negara maju.

Definisi asuransi pensiun harus menyatakan bahwa skema asuransi apa pun yang memberi karyawan penghasilan tetap melalui akumulasi manfaat dianggap sebagai asuransi pensiun. Definisi tersebut juga dibahas oleh elevenconsignment harus mencakup ketentuan untuk pembayaran tunjangan bulanan jika karyawan meninggal. Hal ini penting karena jika tidak, karyawan tidak akan memiliki sumber penghasilan ketika mereka berhenti bekerja. Program pensiun juga harus menyediakan beberapa aspek jaminan sosial.

Ada banyak perdebatan di antara para ahli tentang fitur apa yang harus ada dalam definisi asuransi pensiun. Beberapa percaya bahwa fitur terbaik adalah cakupan perawatan kesehatan. Namun, mereka tidak setuju pada tingkat cakupan ini. Mereka percaya bahwa itu cukup untuk memenuhi kebutuhan seorang pensiunan karyawan. Di sisi lain, para ahli lain merasa bahwa program pensiun harus menyediakan semua kebutuhan dasar individu.

Sebagian besar pemerintah Indonesia berusaha untuk menjaga definisi asuransi pensiun sedekat mungkin dengan pendapatan pensiun aktual yang akan diterima oleh seorang pensiunan. Mereka mencoba mendasarkan tingkat pensiun pada tabel harapan hidup rata-rata. Ini memastikan tingkat kesetaraan di antara para pensiunan. Sayangnya, masih ada beberapa masalah dengan sistem asuransi pensiun. Dua masalah terbesar adalah kurangnya akses ke perawatan medis yang memadai dan birokrasi yang berlebihan.

Cakupan layanan kesehatan tidak terlalu komprehensif dalam program pensiun Indonesia. Cakupan hanya mencakup kunjungan dokter, obat resep, dan prosedur pembedahan. Karena perawatan ini dianggap elektif, para pensiunan bahkan tidak diberikan daftar dokter yang memenuhi syarat yang dapat melakukan prosedur tersebut. Karena itu, pensiunan diharuskan membayar perawatan yang tidak ditanggung oleh polis asuransi pensiun mereka. Dokter dan rumah sakit umumnya dibayar oleh pemerintah atau oleh perusahaan pemberi pensiun, tetapi tidak keduanya.

Selain itu, ada banyak institusi medis pemerintah dan swasta di Indonesia yang menawarkan layanan murah atau gratis kepada pensiunan. Namun, fasilitas ini seringkali tidak memiliki persyaratan pemeriksaan medis dan dokter jarang memiliki izin. Akibatnya, banyak pensiunan membutuhkan perhatian medis yang mendesak. Selain itu, seringkali tidak ada cara bagi pasien untuk menentukan kualitas perawatan medis yang tersedia. Akibatnya, banyak pasien yang ditolak atau dipulangkan.

Selain itu, kerangka hukumnya agak rumit. Undang-undang tentang asuransi pensiun di Indonesia sebagian besar didasarkan pada orientasi properti. Hak milik didefinisikan sebagai memiliki dan menjalankan kontrol atas properti individu. Dengan demikian, seseorang dapat dicabut pensiunnya atau manfaat lain berdasarkan propertinya yang disalahgunakan. Untuk alasan ini, pensiunan harus melakukan semua yang mereka bisa untuk memastikan bahwa mereka tidak menjadi korban penipuan pensiun.

Skema ini adalah salah satu program pensiun paling dermawan di dunia, tetapi seperti kebanyakan polis asuransi pensiun, skema ini juga memiliki beberapa kelemahan signifikan. Sayangnya, sangat sedikit orang yang menyadari fakta ini. Di Indonesia, seperti di belahan dunia lainnya, asuransi pensiun memerlukan penandatangan bersama, biasanya pasangan atau anggota keluarga dekat, untuk berpartisipasi.

Selain itu, karena hukum Indonesia tidak mewajibkan penghitungan dana pensiun yang lengkap dan terperinci, banyak penyelenggara program pensiun yang curang berhasil mengatasi masalah ini dengan menggunakan informasi palsu untuk mendapatkan manfaat pensiun yang memadai. Semua ini berarti bahwa sangat penting bagi pensiunan untuk memahami asuransi pensiun di Indonesia secara menyeluruh.